6 Mobil Panoramic Sunroof Best Seller: Sewa Mobil Sunroof Lepas Kunci di Bali saat liburan Hari Raya Galungan, Kuningan, Nyepi 2024!

Sun Bali Trans

25 February 2024 - 121x dilihat

Daya Tarik Moment Galungan & Kuningan

Free vector gradient nyepi background

Hari Raya Galungan dan Kuningan menjadi salah satu perayaan yang sarat akan makna bagi umat Hindu, terutama di Bali. Galungan dimaknai sebagai perayaan kemenangan kebaikan (dharma) atas kejahatan (adharma). Untuk itu, berikut rangkuman lima tempat wisata di Bali yang menarik dikunjungi saat Hari Raya Galungan.

1. Tanah Lot

zoom-in-whiteFree photo tanah lot temple in bali island indonesia
Tanah Lot Bali menjadi satu di antara sekian banyak tempat yang menarik kamu kunjungi di Bali. Terletak di Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Taban, Bali, keindahan Tanah Lot menjadi magnet bagi wisatawan.
Pemandangan tepi laut yang elok, serta pura indah di atas pulau batunya menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi saat perayaan Galungan, kamu bisa menyaksikan upacara adat yang digelar di sana. Salah satunya adalah kegiatan piodalan yang dilakukan di Pura Tanah Lot saat perayaan Galungan.
Selain Pura Luhur Tanah Lot dan Pura Batu Bolong, kamu juga bisa berkunjung ke beberapa pura lainnya di sana. Selain menyaksikan beragam upacara adat, menunggu senja hingga bermain di tepi pantai adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

2. Garuda Wisnu Kencana

Tiket Masuk Garuda Wisnu Kencana Cultural Park Bali - Klook Indonesia

Garuda Wisnu Kencana menjadi salah satu tempat wisata yang wajib kamu sambangi di Bali saat Galungan. Taman wisata budaya yang terletak di Bali Selatan ini menyuguhkan berbagai atraksi budaya, bahkan tak hanya saat Galungan saja.
 
Selain menyaksikan pertunjukan budaya, kamu bisa menikmati megahnya patung karya I Nyoman Nyuarta, ditemani keindahan bukit-bukit kapur di sekitarnya.
Tak hanya itu, kamu juga bisa menyaksikan patung-patung raksasa lainnya di GWK, seperti Patung Garuda Wisnu Kencana setengah badan, hingga patung burung garuda yang dikendarai Dewa Wisnu.

3. Pura Lempuyang

Informasi Wisata Pura Lempuyang Bali: Lokasi, Rute, dan Tips

Pura Lempuyang Luhur atau Pura Lempuyang merupakan salah satu pura terindah di Bali. Berlatar Gunung Agung, pura ini menjadi salah satu spot foto favorit wisatawan.
Salah satu foto favorit bagi wisatawan adalah pose di tengah gapura dengan pantulan seperti danau yang indah. Tapi tak sampai di situ saja, saat Galungan wisatawan juga bisa menyaksikan rangkaian acara piodalan di sana.
Pura Lempuyang memiliki beberapa keistimewaan, seperti lokasinya yang berada di puncak Gunung Lempuyang membuatnya memiliki pemandangan bagus. Dari tempat ini wisatawan bisa melihat Gunung Agung yang berdiri megah. Pura ini juga termasuk pura tertua yang ada di Bali.

4. Desa Penglipuran

Mengenal Desa Penglipuran: Desa Terbersih di Dunia! - INSTIKI

Pernah dinobatkan sebagai desa terbersih di dunia pada 2016 silam, Desa Penglipuran menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi di Bali.
Dengan total luas 112 hektare yang terdiri dari 12 hektare area rumah penduduk, 49 hektare ladang, dan 37 hektare hutan bambu, desa wisata ini dijamin dapat menarik perhatian siapa pun yang berkunjung.
Tak hanya itu, Desa Penglipuran juga masih mempertahankan tradisi dan kehidupan tradisionalnya. Sehingga kamu bisa merasakan langsung kebudayaan khas Bali saat berkunjung ke Desa Penglipuran. Kamu juga bisa menikmati bagaimana aktivitas warga setempat dalam melaksanakan prosesi Galungan.

5. Pura Ulun Danu Beratan

Pengunjung Pura Ulun Danu Bali Capai 5.000-an Selama Libur Panjang

Terakhir, Pura Ulun Danu Beratan menjadi tempat wisata untuk melengkapi petualanganmu di Bali. Dikenal sebagai Pulau Seribu Pura, di Bali banyak sekali pura yang indah dan unik, salah satunya Pura Ulun Danu Beratan.
Hal menarik dari pura ini adalah lokasinya yang berada di atas danau. Di kawasan Pura Ulun Danu Beratan juga terdapat beberapa pura, yaitu Pura Panataran Agung, Pura Dalem Purwa, Pura Taman Beji, Pura Lingga Petak, dan Pura Prajapati.

Tradisi Saat Galungan Di Bali

Ada beberapa tradisi Galungan di Bali sebagai berikut:

1. Ngelawang barong

Ngelawang - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tradisi ngelawang berasal dari kata lawang yang berarti pintu. Tradisi ini dilakukan dengan mengarak barong bangkal dari pintu ke pintu rumah warga banjar atau desa, seperti dikutip dari website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Sembari berkeliling kampung, arakan barong bangkal tersebut diiringi dengan gamelan. Umat Hindu menggunakan barong bangkal yang berwujud babi besar dengan muka menyeramkan, lantaran secara mitologi diyakini memiliki kekuatan magis.

Jumlah penari para tradisi ngelawang barong adalah dua orang, di mana satu penari memegang kepala barong dan lainnya memainkan ekor. Tradisi ngelawang barong ini bertujuan untuk mengusir roh jahat yang mengganggu ketenangan desa, sehingga masyarakat aman terlindungi.

2. Mapeed

Umat Hindu di Bali Ikuti Tradisi Mapeed di Pura Dalem Kahyangan Kedaton

Tradisi ini dilakukan umat Hindu dengan berjalan beriringan sembari menjunjung keben bambu atau tempat sesajen dalam rangkaian sembahyang di Hari Raya Galungan, seperti dikutip dari laman Indonesia.go.id.

Umat Hindu menggelar mapeed menuju pura di desa setempat. Biasanya, sesajen yang dipersiapkan warga berupa buah, bunga, dan hiasan janur.

Selain ibadah, barisan umat Hindu yang menuju pura untuk sembahyang di Hari Raya Galungan itu menjadi daya tarik wisata Bali.

3. Ngejot 

Tradisi Unik Natal di Bali: Ngejot hingga Pasang Penjor

Tradisi Galungan selanjutnya adala ngejot, atau berbagi makanan kepada tetangga baik sesama umat Hindu maupun non-Hindu.

Tradisi ngejot biasanya dilakukan sebelum Hari Raya Galungan hingga hari H. Tradisi ini sebagai wujud toleransi antar umat beragama di Bali.

 
 

4. Memasang penjor

Makna Penjor Galungan sebagai Simbol Naga dan Cara Membuatnya

Menjelang Hari Raya Galungan, umat Hindu memasang penjor di berbagai tempat. Bagi umat Hindu, penjor merupakan simbol kemenangan dan kemakmuran, serta sebagai wujud rasa syukur dan persembahan kepada bhatara, sesuai dengan makna Hari Raya Galungan. 

Penjor merupakan simbol gunung yang dianggap suci tempat Sang Hyang Widi dan simbol kekuatan Sang Hyang Brahma, seperti dikutip dari laman Pemerintah Kabupaten Buleleng.

Penjor pada umumnya terbuat dari sebatang bambu yang ujungnya dibuat melengkung. Sebatang bambu tersebut dihiasi dengan daun kelapa (janur) dan dilengkapi dengan berbagai hasil pertanian, seperti umbi-umbian (pala bungkah), buah-buahan (pala gantung), dan biji-bijian (palawija), dan sebagainya.

Umat Hindu juga melengkapi penjor dengan sesajen. Pemasangan penjor dilaksanakan pada Hari Penampahan atau sehari sebelum Hari Raya Galungan, setelah pukul 12.00 siang

5. Makanan khas Galungan 

9 Makanan Khas Bali yang Selalu Ada Saat Perayaan Galungan

Seperti hari raya pada umumnya, ada sejumlah makanan khas yang dimasak untuk menyambut Hari Raya Galungan. Mengutip Tribun Bali, umat Hindu biasanya memasak tape ketan atau disebut sebagai tape Galungan.

Proses pembuatannya sudah dilakukan saat Hari Penyekeban, atau tiga hari sebelum Hari Raya Galungan. Kemudian, pada Hari Penampahan, atau sehari sebelum Hari Raya Galungan, umat Hindu biasanya memotong hewan babi.

Umat Hindu juga mempersiapkan dodol yang biasanya digunakan untuk melengkapi sesajen pada saat sembahyang di pura. 

6. Mekotek 

Tradisi Makotek – Skatha Mading Online

Mekotek adalah tradisi yang dilestarikan umat Hindu di Desa Munggu, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Tradisi ini dilakukan oleh berbagai kelompok warga dengan cara menggabungkan kayu hingga membentuk kerucut

Ingin keliling Bali untuk menikmati liburan dengan keluarga?
Yuk, ke Bali saat liburan Hari Raya Galungan & Kuningan!
Sewa mobil matic terlengkap dan termurah cuma disini????

PROMO Sewa Mobil Lepas Kunci 
✅ New HRV : Rp 625.000
✅ Mazda CX-5 : Rp 525.000
✅ Wuling Almaz Rp 650.000
✅ Zenix Type V Rp 950.000
✅ Pajero Sport Rp 950.000
✅ Alphard Transformer Rp 1.500.000

(Berlaku hingga 30 Maret 2024)

???? Tersedia Mobil Kapasitas 5 & 7 Orang
???? Gratis Antar Jemput Airport
???? Sewa mobil lepas kunci
???? Sewa Mobil Driver + BBM
➡️ Harian (12 Jam & 24 Jam)
➡️ Mingguan
➡️ Bulanan

Yuk, tunggu apa lagi? ???? Booking Via DM/WA✨

#sewanewhrv #sewazenixsunroof #sewawulingalmaz #sewamazdacx5 #sewapajerobali #sewaalphardbali

Selamat datang di Sun Bali Trans, kami menyediakan Sewa Mobil di Bali dengan harga dan biaya murah dan terpercaya. Dengan pelayanan yang nyaman, guide yang profesional akan membantu Liburan di Bali anda membuat pengalaman wisata yang tak terlupakan dengan nuansa alam dan budaya yang berbeda untuk setiap daerah di pulau Bali.

Sebelum memilih jasa Rental Mobil Bali. Sun Bali Trans merupakan jasa Rental Mobil Murah di Bali dengan pelayanan terbaik dan profesional. Kami mengandalkan layanan Sewa Mobil Murah Di Bali yang ramah dan direkomendasikan untuk Anda. Selain itu kami juga menyediakan Sewa Mobil Lepas Kunci Murah di Bali dengan beragam jenis mobil yang tersedia : Sewa Mobil Matic Bali dan Sewa Mobil Bulanan di Bali

Pengalaman kami dalam dunia Tour & Travel di Bali,dan Sewa Mobil Bali  membuat kami percaya jika Tour di Bali anda bersama kami pasti akan menyenangkan. Impian Anda tentang perjalanan ke pulau Bali akan menjadi pengalaman nyata..

Terima kasih telah mengunjungi website & layanan kami.



Sewa Mobil Sekarang!

Sewa Mobil di Bali Lepas Kunci Murah merupakan salah satu penyedia layanan rental atau sewa mobil murah di Bali. Menggunakan armada mobil keluaran baru, dengan kondisi terawat untuk disewakan kepada Anda.