3 Teknik Mengerem Mobil Ini Penting untuk Diketahui !

Sun Bali Trans

23 January 2024 - 89x dilihat

Ketika berkendara, keselamatan merupakan hal terpenting. Sadar akan hal itu, sebagai berkendara kita harus mengetahui beberapa teknik berkendara yang baik dan benar. Salah satunya yaitu dengan mengetahui teknik mengerem mobil. Karena, dalam kendaraan apapun rem merupakan hal yang paling penting. Bayangkan saja jika kita tidak tau teknik mengerem mobil, pastinya akan banyak hal yang terjadi. Salah satunya, menabrak mobil didepannya.

Bagaimana cara menggunakan pedal rem secara bijak dan benar? Simak bahasan berikut mengenai 3 teknik pengereman yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Teknik Threshold
Teknik pertama ialah teknik threshold. Seperti namanya, teknik ini bisa dilakukan dengan cukup mudah dan mungkin mayoritas pengendara mobil menggunakan teknik ini. Untuk melakukan teknik ini, kamu cukup menekan pedal namun jangan ditekan terlalu dalam. Di sini, kami bisa menahan tekanan pada pedal sekitar 90%. Biarkan tekanan yang diberikan oleh kaki kamu seakan mengambang. Hal ini bertujuan agar ban tidak terkunci.

Jika kamu memberikan tekanan penuh pada pedal rem, otomatis ban akan terkunci alias tidak bisa bergerak maupun dibelokkan. Maka sebisa mungkin hindari menginjak pedal rem secara dalam agar kamu bisa selamat sampai tujuan dan meminimalisir risiko kecelakaan.

2. Teknik Stab
Teknik yang kedua ini sering disebut sebagai teknik stab. Teknik stab sendiri sangat cocok kamu terapkan jika mobil kamu masih menggunakan sistem pengereman menggunakan drum atau tromol. Tentu, untuk rem yang masih menggunakan drum atau tromol tidak akan sepakem rem yang sudah menggunakan cakram, maka dari itu teknik ini sangat cocok untuk rem tromol. Bagaimana cara melakukannya?

Caranya cukup mudah tapi ingat, lebih baik kamu berlatih dahulu di ruang terbuka dan didampingi oleh seorang yang lebih ahli sebelum menggunakan teknik stab ini di jalan raya. Untuk melakukan teknik stab ini caranya adalah dengan menekan rem secara berulang-ulalng dengan cepat. Ya, kamu hanya perlu menekan rem kemudian melepasnya lalu tekan lagi.

Teknik ini berguna ketika kamu sedang berada di kecepatan tinggi dan ingin menurunkan laju mobil kamu. Selain berguna untuk mengurangi laju kendaraan, teknik stab ini juga berfungsi supaya ban tidak mengunci. Sekali lagi yang mesti kamu ingat, latih terlebih dahulu kemampuan berkendara kamu dan ajak orang yang lebih ahli dalam hal ini ketika kamu ingin mencobanya.

3. Teknik Squeeze
Teknik terakhir adalah teknik squeeze. Teknik squeeze merupakan teknik dengan cara kerja yang hampir sama dengan teknik stab, yaitu dengan menekan dan melepas pedal rem secara berulang-ulang. Perbedaannya, lakukan teknik squeeze dengan lebih perlahan dan lembut, tidak seperti teknik stab yang dilakukan secara cepat. Jika diperhatikan teknik squeeze ini mirip dengan cara kerja sistem Antilock Breaking System (ABS). ABS dikenal sebagai suatu perangkat pengereman.

Memahami teknik pengereman seperti ini memang sangat penting. Selain erat hubungannya dengan keselamatan, teknik mengerem ini juga perlu kita lakukan untuk memperpanjang usia komponen pada sistem pengereman, terutama pada kampas rem. Yang terpenting, usahakan tetap mengontrol diri ketika melakukan pengereman. Karena, pengereman bisa optimal jika pengemudi tidak panik.

Itulah ulasan tentang 3 teknik mengerem mobil yang penting untuk diketahui. Rem merupakan komponen utama yang erat dengan keselamatan, sehingga teknik ini harus dikuasai oleh pengendara. Semoga artikel ini bermanfaat.

Selamat datang di Sun Bali Trans, kami menyediakan Sewa Mobil di Bali dengan harga dan biaya murah dan terpercaya. Dengan pelayanan yang nyaman, guide yang profesional akan membantu Liburan di Bali anda membuat pengalaman wisata yang tak terlupakan dengan nuansa alam dan budaya yang berbeda untuk setiap daerah di pulau Bali.

Sebelum memilih jasa Rental Mobil Bali. Sun Bali Trans merupakan jasa Rental Mobil Murah di Bali dengan pelayanan terbaik dan profesional. Kami mengandalkan layanan Sewa Mobil Murah Di Bali yang ramah dan direkomendasikan untuk Anda. Selain itu kami juga menyediakan Sewa Mobil Lepas Kunci Murah di Bali dengan beragam jenis mobil yang tersedia : Sewa Mobil Matic Bali dan Sewa Mobil Bulanan di Bali

Pengalaman kami dalam dunia Tour & Travel di Bali,dan Sewa Mobil Bali  membuat kami percaya jika Tour di Bali anda bersama kami pasti akan menyenangkan. Impian Anda tentang perjalanan ke pulau Bali akan menjadi pengalaman nyata..



Sewa Mobil Sekarang!

Sewa Mobil di Bali Lepas Kunci Murah merupakan salah satu penyedia layanan rental atau sewa mobil murah di Bali. Menggunakan armada mobil keluaran baru, dengan kondisi terawat untuk disewakan kepada Anda.